Permianan kencangkan sampai akhir

Group mengumpulkan point dengan menjawab pertanyaan dan kemudian menggunakan point untuk berebut dalam memutar baut di sebuah batang yang disiapkan

Kisaran Umur
9-12 tahun

Kemampuan yang digunakan
Pengetahuan
Strategi berfikir

Jumlah Peserta
5-13 anak

Alat yand diperlukan

  1. Kartu pertanyaan dan Jawaban
  2. Stopwatch (pencatata waktu)
  3. 30 baut
  4. As besi tempat baut sekitar 30 inch
  5. cat


Peraturan
Dimulai dengan mengurutkan warna baut yang berbeda untuk membedakan baut awal dan baut akhir. Dan buat harus dipastikan bahwa buat baut tersebut dapat masuk dengan mudah pada ass.
Kartu pertanyaan dan jawaban harus dipersiapkan dan diberikan kepada pemandu. Tema yang diajukan adalah berisi informasi fakta disekitar kita dengan berisi pelajaran yang ingin dimasukan.

Pelaksanaan
Permainan dimainkan dalam 3 ronde. Dimana 3 ronde dapat dimainkan dalam satu season. Dua bagian terakhir akan lebih dinikmati dan menarik ketika hampir sampai puncak permainan. Permainan ini akan lebih baik dimainkan dalam sebuah kelompok setidaknya dua kelompok sesuai dengan arahan pemandu.

ronde pertama
1. Untuk bagian pertama permainan, setiap kelompok menentukan urutan pemain dalam groupnya atau formasi pertarungan. Pemandu akan mengambil tumpukan kartu pertanyaan dan menanyakan kepada pemain pertama dalam kelompok 1, kemudian berpindah kepada pemain pertama pada kelompok 2 dan silang seterusnya.
2. Jika pemain dapat menjawab pertanyaan dengan benar, pemain dapat menyimpan kartu pertanyaannya sebagai poin satu atas kelompoknya. Jika jawabannya salah maka kartu dikembalikan lagi ke tumpukan kartu.
3. Pada bagian pertama permainan akan berakhir setelah setiap group dapat 10 kesempatan pertanyaan, dan group tertentu sudah mendapatkan point.

ronde kedua
1. Pada bagian kedua permainan, setiap anggota kelompok memutuskan bagaimana mereka akan menggunakan point yang sudah didapat.
2. Setiap satu point dapat ditukarkan dengan satu baut atau 15 detik waktu untuk berpartisipasi dalam ronde ke 3. Setiap kelompok setidaknya harus menukarkan satu point untuk 15 detik agar bisa berpartisipasi dalam ronde ke 3.
3. Akan tetapi keputusan terakhir tentang bagaimana kelompok akan mengahabiskan poin untuk baut atau waktu itu menjadi keputusan mutlak setiap kelompok.
4. Kelompok 1 tidak akan tahu keputusan yang diambil kelompok 2 dan sebaliknya hingga memasuki ronde ke 3 dalam permainan ini. Dan keputusan tidak dapat dirubah setelah diserahkan kepada pemandu.

Ronde ke 3
1. Setiap kelompok mendapatkan baut dan waktu sesuai dengan keputusan mereka. Dengan waktu yang sudah dimiliki akan digunakan untuk memasukan baut yang sudah ditukarkan dan harus dimasukan kedalam as sesuai waktu yang ada dan diberi warna yang berbeda.
2. Jika waktu habis dan baut belum masuk semua, maka yang dihitung adalah baut yang sudah dikencangkan sampai akhir/ ujung pada ass dan sudah diberi warna.
3. Jika waktu masih tersisa banyak dan buat sudah habis, waktu yang lebih  tidak bisa ditukarkan dengan buat atau poin.
4. Pemenangnya adalah kelompok yang memasukan baut secara berurutan dan kencang pada ass dan memiliki baut paling banyak.