Bukti Kekuatan dari permainan untuk menarik perhatian kita sangatlah jelas. Baik secara individual ataupun budaya, kita menghabiskan banyak energy, waktu dan suber daya untuk menonton dan berpartisipasi dalam permainan. Para atlit di bayar, stadium dibangun mewah, video permainan ada dimana mana dan jadwal sekolah disusun untuk memastikan bahwa kegiatan ekstra olah raga dapat di lakukan. Dan saya jamin bahwa di handphone Anda juga pasti ada permainan kecil yang mana anda dapat memainkannya kita anda sedang menunggu makanan yang Anda pesan di restoran atau menunggu kegiatan dan sebagainya. Sehingga kita tahu bahwa kita berhubungan dengan permainan setiap hari bahkan kita tidak dapat menyadari jumlah yang kita mainkan.
Prinsip dasar dari psychology memberitahukan kita bahwa sesuatu yang dilakukan terlalu sering, dengan sangat banyak pasti memberikan motivasi tersendiri. Dan masih banyak teori menarik tentang bagaiman permianan yang memotivasi, tetapi secara dasar karena ada sebuah hadiah tentang permainan yang sangat kuat. Memang tidak semua akan dapat menjadi pemenangnya karena terkadang me berpartisipasi juga akan cukup bagi sebagai yang lain. Hal lain yang membuat orang tertarik karena kita dalam bentuk permainan itu akan menamamkan kepada siswa bahwa itu hal yang mudah. Karena dalam permainan atau suatu permainan, anak-anak dapat mengingat ratusan karakter yang rumit, peraturan dan imajinasi pada video permainan dan mereka bermain tanpa rasa lelah dari satu level ke level yang lain.
Mari kita hadapi fakta ini. Bahwa permainan itu memang menyenangkan dan hal yang menyenangkan itu dapat memotivasi. Selain kebutuhan akan makanan,dan perlindungan atau rumah, kesenangan adalah hal dasar lain yang seseorang cari dalam hidup. Kita pasti akan melakukan hal yang menyenangkan lagi dan lagi, hanya untuk dapat merasakannya. Dan sesuatu yang tidak menyenangkan pasti akan dihindari, ditinggalkan kecuali terdapat sesuatu yang ingin diraih seperti uang atau status social.
Faktanya, kebanyakan orang sangat berharap untuk dapat ikut serta dalam tugas yang susah apabila tugas tersebut ada dalam kontek permainan. Inilah dasar pemikiran untuk membawa pelajaran sekolah dan mengemas semua itu dalam sebuah permainan yang menyenangkan agar menjadi pembelajaran yang berkesan. Hal-hal yang membuat permainan menjadi menyenangkan yaitu karena dapat mengubah sesuatu yang susah menjadi trik, karena kita tahu orang menikmati sebuah tantangan, persaingan yang adil, dan melarikan dari kenyataan yang lain, sedikit kejutan, dan juga permainan yang penuh dengan hal hal yang dapat memotivasi. Setiap permainann adalah sebuah kesempatan untuk membawa kegiatan kepada praktek kemampuan untuk meningkatkan hasil yang menyenangkan. Sehingga menyemangati keinginan untuk mencoba permainan lagi dan lagi.
Permianan disini adalah bukan seperti permainan 2D tetapi permianan 3D yang membuat mereka bergerak dan aktif dalam ruang gerak permainan. Namuan bukan hanya karena sesuatu menarik dan memotivasi itu semua dapat diaplikasikan dalam ruang kelas. Kita musti juga memilih tujuan dari pencampaian dengan jenis game yang akan dilaksanakan. Sehingga pada Blog ini, saya mencoba memilih dan menyusun beberapa jenis game, baik game dalam kelas dan outbond dengan tujuan yang sudah tertulis jelas pada setiap perminan dengan memperhitungkan aspek- aspek yang ada. Jadi jika anda menyukainya, jangan lupa untuk comment dan share, serta mintalah ijin jika anda ingin menggunakann untuk hal yang commercial. Semoga hal hal yang saya sampaikan dalam tulisan tulisan saya akan memberikan dampak positif bagi semua sehingga menjadi amal pahala bagi penulis, amien.