Permainan kelas interaktif Menyanyikan lagu Bersahutan

Dalam permainan ini, anak-anak akan belajra melatih kepekaannya mengikuti irama atau lagu yang dinyayikan secara bersahutan dengan anak-anak lain sehingga menjadi lagu yang utuh.

Tujuan Permaian ini
1.    Melatih kemampuan konsetnrasi anak dalam menghadapi suatu masalah
2.    Melatih kepekaan anak dalam mengikuti irama lagu bersamaan orang lian
3.    Melatih dan mengingkatkanketrampilan menyayikan lagu

Waktu yang diperlukan
-+ 30 menit

Jumlah Peserta
Tidak dibatasi, (jika cukup banyak dibuat dua team sehingga bisa dibuat menjadi berkopetisi)

Alat yang dibutuhkan
Kertas yang sudah ditulis potongan lyric lagu
Buku lagu-lagu ( kumpulan lagu anak-anak, nasional dan daerah) untuk pegangan guru

Pelaksanaan
1.    Seluruh anak yang ikut berdiri membuat lingkaran besar.
2.    Setiap anak mendapatkan kertas kecil berisi sebari syair lagu yang berbeda-beda ) lagu anak-anak, Nasional atau daerah)
3.    Pemandu berdiri di tengah lingkaran dan memulai acara dengan meminta anak-anak yang memegang syair atau lirik lagu untuk bersiap-siap.
4.    Setelah dimulai, pemandu menyebutkan judul suatu lagu (misalnya lagu pelang) maka setiap anak yang memegang kertas berisis syair lagu itu segera bernyanyi mulai dari syair beris pertama disambung anak lain yang memiliki baris kedua, lalu syair ketiga, dan seterusnya sampai beris terakhir dengan saling sahut �menyaut.
5.    Bila ada anak yang lupa atau terlambat menyahuit syair lagunya dalam jangka waktu 5 detik, anak tersebut nantinya diberi hukuman.
6.    Proses berlanjut lagi seperti tadi sampai beberapa putran denganlagu-lagu yang berbeda dan semua anak mendapat giliran menyanyi.

Diskusi:
Hal-hal pokok yang dapat disampaikan dari permainan ini adalah sebagai berikut:
1.    Bernyanyi merupakan bagian kehidupan anak-anak, tetapi dalam hal ini mereka harus bekerja sama dengan anak lain dalam bernyayi
2.    Anak-anak diuji daya konsentrasinya dalam menyanyikan syair lagu yang tertulis di kertas milik mereka masing-masing, tetapi sekaligus juga peka terhadaporan glain untuk menunggu giliran syair itu dinyanyikannya sehingga akhirnya semua itu membentuk sebuah lagu yang utuh dan indah.
3.    Tingkat kesulitan dalam game ini adalah lupa pada gilirannya, terburu-buru atau sebaliknya terlambat untuk giliran menyanyi sesuai syairnya.

4.    Lagtihan ini bermanfaat melatih keberanian dan ketrampilan anak-anak dalam menyanyikan lagu di depan umum.