Kreatifitas guru memang selalu dinanti untuk menghidupkan susasana dalam kelas, sehingga semangat anak anak belajar selalu tinggi dan pelajaran yang ingin disampaikanpun dapat diserap dengan baik tanpa ada rasa beban pada anak anak, pada permaian ini sangat bagus unuk pelajar ips tentang geografi nama ibu kota dan informasi lainnya. Dengan dalam game ini, anak-anak seolah-olah diajak pergi Berkeliling ke berbagaiibu kota di seluruh dunia dengan naik pesawat sambil menjawab pertanyaan tentang tujuan yang akan dikunjungi.
Tujuan permainan
1. Melatih kecepatan dan kepekaan dalam merespon pertanyaan
2. Melatih konsentarsi dan menangkap makna pesan yang tersembunyi
3. Melatih anak-anak dalam mengenal ibu kota di seluruh dunia.
Waktu yang diperlukan dalam game ini
20-40 menit
Alat yang diperlukan
1. Mainan anak-anak berbentuk pesawat
2. Peta dunia yang besar
Pelaksanaan
1. Seluruh anak yang ikut dalam permainan ini dipersilahkan berdiri santai dengan posisi membentu suatu lingkaran.
2. Di luar lingkaran ( misalnya di papan tulis atau di dinding) ditempelkan peta dunia yang berukuran BESAR.
3. Pemandu beridiri di tengah lingakaran tersebut dan memegang sebuah pesawat terbang mainan.
4. Pemandu kemudian menggerakan pesawat terbang dan secara acak menjumpai salah seorang anak sambil berkata �saya terbang ke Ibu Kota Malaysia, Dimanakah Itu?�
5. Lalu anak yang ditunjuk tersebut harus bisa menjawab pertanyaan itu dalam waktu 10 detik.
6. Jika anak itu bisa menyebutkan dengan benar, dia boleh menjalankan pesawat terbagnnya dan menunju kepada anak lain sambil mengajukan perntayan yang berbeda.
7. Jika jawaban anak yang pertama tadi salah atau tidak bisa menjawab, anak tersebut keluar dari lingkaran dan menuju ke peta mencari jawabannya. Setelah itu kembali ke pemandu.
8. Proses berjalan begitu seterunya dengan berganti-ganti sehingga semua anak-anak pernah merasakan hal yang sama.
Diskusi
Melalu permainanini beberapa hal penting yang dapat disampaikan sebagai berikut:
1. Melatih konsentrasi dan kepekaan anak dalam menanggapi serta menjawab berbagai pertanyaan tentang ibukota-ibukota Negara di seluruh dunia.
2. Pengetahuan, pengenalan, dan pemahaman tentang ibukota suatu Negara menjadi mudah dan menari dipelajari.
3. Seandainya ada anak yang salah, lupa, tidak tahu atau terlambat menjawab akan dirangsang untuk mencari sendiri jawabannya dip eta dunia yang sudah disedikan sehingga langsung bisa dikonfirmasi pengetahuannya dalam membaca peta.
4. Anak-anak lain pun bisa diberi kesempatan untuk memberitahu jawaban pertanyaan yang sedang diberikan.
5. Variasi permainan ini dibuat secara beringkat atau bertahap, mulai dari kawasan atau benua Asia, Lalu menuju Eropa, Afrika, Amerika dan seterusnya sehingga pemahaman lebih focus.