Sebelum kita mulai belajar membuat soal , atau membaca tutorial cara mebuat soal dengan macromedia flah player 8 harusnya kita mengetahui penjelasan terlebih dahulu dalam pengenalan dengan aplikasi macromedia flash player itu sendiri. tapi terkadang jarang tutorial memulai dari dasar sekali, maka pada kesempatan kali ini saya memberikan dasar terlebih dahulu sebelum memulai ke langkah tutorial agar tidak kehilangan jejak ketika mencoba mengikuti langkah-langkah pada tutorial hanya karena kita tidak tahu letak tombol yang dimaksud dan termasuk fungsinya. langsung saja lihat gambar dibawah ini kemudian penjelasnnya mengikuti dibawahnya.
Menubar | : Berisi perintah-perintah umum yang sering digunakan untuk mengoperasikan. |
Toolbox | : Berisi perangkat utama untuk menggambar yang terdiri dari empat bagian yaitu ; Tools, View, Colors, Options. Tools terdiri dari Selection Tool yang berguna untuk memilih obyek, Subselection Tool yang berguna untuk memilih bagian obyek, Free Transform tool yang berguna untuk merubah ukuran, memutar obyek, line tool untuk menggambar garis, lasso tool untuk memilih obyek secara bebas, pen tool untuk menggambar obyek secara bebas dengan pen, text tool untuk menuliskan teks, oval tool untuk menggambar obyek oval, rectangle tool untuk menggambar obyek bersegi, pencil tool untuk membuat kurva, brush tool untuk menggambar obyek berbentuk jejak, ink bottle tool untuk mengisi warna obyek garis, paint bucket tool untuk mengisi warna obyek isi dan eraser tool untuk menghapusbobyek. View terdiri dari hand tool untuk menggeser stage, zoom tool untuk memperbesar dan memperkecil tampilan stage. Colors terdiri dari stroke color untuk mengisi warna pada garis, fiil color untuk mengisi warna pada isi obyek. Option terdiri dari pilihan-pilihan dari tool yang sedang dipilih. |
Stage | : Merupakan tempat kerja. Hasil dari stage merupakan tampilan hasil saat program flash dijalankan. |
Timeline | : Berisi tampilan stage yang tersimpan dalam frame-frame. Timeline berguna untuk mengatur waktu tampilan per frame. Secara default, frame akan dijalan dalam kecepatan 12 frame per detik (12 fps). Timeline menyediakan layer yang merupakan lapisan-lapisan transparan dari frame. Layer berguna untuk mempermudah pembuatan animasi. |
Library | : Berisi kumpulan obyek gambar yang telah ada maupun yang tersimpan dalam program flash. Library dapat diibaratkan seperti sebuah pustaka. |
Properties | : berisi informasi dan bagian yang dapat diperlakukan terhadap obyek terpilih. Colors berisi tentang mengatur warna, transparansi warna. Color berada diatas library. |