Mengenal Toolbar Dan Fungsi Tombol Yang Tersedia Pada Aplikasi Macromedia Flash Player 8

Sebelum kita mulai belajar membuat soal , atau membaca tutorial cara mebuat soal dengan macromedia flah player 8 harusnya kita mengetahui penjelasan terlebih dahulu dalam pengenalan dengan aplikasi macromedia flash player itu sendiri. tapi terkadang jarang tutorial memulai dari dasar sekali, maka pada kesempatan kali ini saya memberikan dasar terlebih dahulu sebelum memulai ke langkah tutorial agar tidak kehilangan jejak ketika mencoba mengikuti langkah-langkah pada tutorial hanya karena kita tidak tahu letak tombol yang dimaksud dan termasuk fungsinya. langsung saja lihat gambar dibawah ini kemudian penjelasnnya mengikuti dibawahnya.

Menubar
: Berisi perintah-perintah umum yang sering digunakan untuk mengoperasikan.
Toolbox
:  Berisi  perangkat  utama  untuk menggambar  yang  terdiri  dari  empat  bagian  yaitu ; Tools, View, Colors, Options.
Tools terdiri dari Selection Tool yang berguna untuk memilih obyek, Subselection Tool  yang  berguna  untuk memilih  bagian  obyek, Free Transform  tool yang  berguna  untuk merubah  ukuran, memutar  obyek,  line  tool  untuk menggambar  garis, lasso tool untuk memilih obyek secara bebas, pen tool untuk menggambar obyek secara bebas dengan  pen,  text  tool  untuk  menuliskan  teks,  oval  tool  untuk  menggambar  obyek  oval, rectangle tool untuk menggambar obyek bersegi, pencil tool untuk membuat kurva, brush tool untuk menggambar obyek berbentuk  jejak,  ink bottle  tool untuk mengisi warna obyek garis, paint  bucket  tool  untuk mengisi warna  obyek  isi  dan  eraser  tool  untuk menghapusbobyek.
View  terdiri  dari  hand  tool  untuk  menggeser  stage,  zoom  tool  untuk  memperbesar  dan memperkecil tampilan stage.
Colors terdiri dari stroke color untuk mengisi warna pada garis, fiil  color  untuk mengisi warna  pada  isi  obyek.
Option  terdiri  dari  pilihan-pilihan  dari  tool yang sedang dipilih.
Stage
: Merupakan tempat kerja. Hasil dari stage merupakan tampilan hasil saat program flash dijalankan.
Timeline
: Berisi tampilan stage yang tersimpan dalam frame-frame. Timeline berguna untuk
mengatur waktu  tampilan per  frame. Secara default,  frame akan dijalan dalam kecepatan 12 frame  per  detik  (12  fps).  Timeline  menyediakan  layer  yang  merupakan lapisan-lapisan transparan dari frame. Layer berguna untuk mempermudah pembuatan animasi.

Library
: Berisi  kumpulan  obyek  gambar  yang  telah  ada  maupun  yang  tersimpan  dalam program flash. Library dapat diibaratkan seperti sebuah pustaka.
Properties
: berisi informasi dan bagian yang dapat diperlakukan terhadap obyek terpilih.
Colors berisi tentang mengatur warna, transparansi warna. Color berada diatas library.

Jika sudah ada gambaran mari kita lanjutkan ketahap tutorial berikutnya.