Mari sebelum kita membahasa Media Pembelajaran Bahasa Inggris kita bahas terlebih dahulu apa itu media pembelajaran. Media pembelajaran adalah sebuah alat bantu dalam proses belajar mengajar. Artinya Segala sesuatu yang dapat kita pergunakan untuk merangsang pikiran, perhatian, perasaan, dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar yang effektif. Namun Pengertian Media Pembelajaran tersebut masih sangat luas, sehingga belum ada batasan �batasan dari jenisnya.
Menurut pernyataan Briggs (1977) media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya. Kemudian menurut National Education Associaton(1969) jadi Media Pembelajaran adalah sebuah sarana untuk komunikasi dengan bentuk cetak ,pandangan, maupun pendengaran. Jadi semua yang membantu proses pembelajaran seperti pengeras suara atau speaker aktif misalnya
Mengingat proses pembelajaran merupakan proses komunikasi dan berlangsung dalam suatu unit sistem, maka media pembelajaran dapat menempati posisi yang cukup penting sebagai salah satu komponen dalam sistem proses pembelajaran. Media membuat proses belajar lebih effektif dalam menyampaikan komunikasi
Media pembelajaran adalah komponen integral dari sistem pembelajaran. Sedangkan Menurut Edgar Dale, dalam dunia pendidikan, penggunaan media pembelajaran seringkali menggunakan prinsip Kerucut Pengalaman, yang membutuhkan media seperti buku teks, bahan belajar yang dibuat oleh guru dan �audio-visual�.
Ada beberapa jenis media pembelajaran, diantaranya :
1. Media Visual : grafik, diagram, chart, bagan, poster, kartun, komik
2. Media Audial : radio, speaker aktif, laboratorium bahasa, dan sejenisnya
3. Projected still media : slide; over head projektor (OHP), in focus dan sejenisnya
4. Projected motion media: film, televisi, video (VCD, DVD, VTR), komputer dan sejenisnya.
Namun kita juga musti mengerti bahwa media pembelajran itu sendiri tidak mutlak menentukan hasil dalam proses belajar mengajar. Akan tetapi sebuah keberhasilan media pembelajaran adalah tergantung bagaimana cara menyajikan. Missal saja (1) isi pesan, (2) cara menjelaskan pesan, dan (3) karakteristik penerima pesan yang perlu disesuaikan dengan metode pencapaiannya juga. Dengan demikian dalam memilih dan menggunakan media, perlu diperhatikan ketiga faktor tersebut. Maka dengan itu ketiga factor tersebut harus menjadi acuhan dalam mengembangkan media pembelajaran untuk memberikan hasil yang maksimal.
Kemudian melihat beberapa tujuan menggunakan media pembelajaran, diantaranya adalah :
� mempermudah proses KBM
� meningkatkan efisiensi KBM
� menjaga relevansi dengan KBM
� membantu konsentrasi mahasiswa
MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS
Selanjutnya point aritikel hari ini adalah media pembelajaran bahasa Inggris. Bahasa adalah sebuah alatkomunikasi baik tertulis maupun lisan. Untuk mengajarkan bahasa inggris tentunya juga membutuhkan media pembelajaran agar membantu siswa memperoleh gambaran dan konsep baru. Sebenarnya media pembelajaran untuk bahasa inggris sangatlah banyak, akan tetapi guru haruslah selektif dalam memilih disesuaikan dengan kondisi dan audience seperti yang sudah dibahas sebelumnya.
Beberapa media pembelajaran bahasa inggris pada kesempatan kali ini yang ingin saya paparkan sebagai berikut:
1. White Board ( Papan Tulis Putih )
Ini adalah media pembelajaran yang paling kuno dimana hanya sebuah papan tulis dengan permukaan putih yang mengkilap dimana hanya menggantikan posisi dan fungsi blackboard dimana dulu masih menulis menggunakan kapur. Namun jelas masih cukup effektif digunakan apalagi ditambah dengan sepidol warna untuk member perhatian perhatian tertentu pada setiap materi yang penting.
� Anda akan memerlukan
� spidol boardmarker jangan permanen sehingga tulisan dengan mudah dihapus.
� Penghapus atau spon ,bisa juga kain bekas berbahan catton untuk membersihkan papan. Karena white board adalah media pembelajaran yang paling klasik saat ini sehingga anda membutuhkan ekstra latihan dan kreatif mendapatkan idea untuk membuat papa itu menjadi benda emas yang menarik bagi peserta didik. Seperti penempatan warna, posisi besar, penulisan vertical dan herisontalnya.
Untuk sebuah antisipasi dalam pembelajaran menggunakan whiteboard agar tidak membosankan, pastikan anda sudah membuat ringkasan dari meteria yang inggin disampaikan untuk ditulisakan dipapa tulis. Buatlah diagram atau bentuk lain yang mempermudahkan dan memadatkan informasi sehingga tidak begitu membutuhkan daya tinggi untuk menghafal. Namun sebenarnya seperti halnya kertas putih whiteboard bisa menggantikan apa saja selama anda mempunyai kemampuan untuk mengembangkannya. Seperti halnya anda bisa membuat gambar sederhana seperti komik bercerita untuk menggambarkan ilustrasi atau konten yang sedang dijelaskan.
2. Poster
Nah bagi anda yang tidak mempunyai kemampuan menggambar dalam whiteboard apalagi dalam waktu yang cepat untuk membantu menggambarkan posisi dan gambaran materi anda bisa menggunakan media poster. �Poster adalah Sebuah perangkat bergambar dirancang untuk eyes catching dan berkomunikasi cerita, fakta, atau ide, dengan cepat dan jelas. �
poster A adalah �plakat, biasanya bergambar atau dekoratif, memanfaatkan daya tarik emosional untuk menyampaikan pesan yang ditujukan untuk memperkuat sikap atau mendesak tindakan �. Untuk pembelajaran Bahasa Inggris penggunaan poster dapat memperkuat pemahaman siswa akan sebuah materi.
Seperti yang kita ketahui Poster bisa digunakan sebagai representasi grafis dari beberapa daya tarik emosional yang kuat yang dilakukan melalui kombinasi bantu grafis seperti gambar, kartun huruf-huruf dan seni visual lainnya pada plakat. Hal ini bertujuan untuk menyampaikan pesan tertentu, mengajar hal tertentu, memberikan gambaran umum dll. Poster memberikan pengaruh besar pada pemahaman para siswa di kelas. Kembali lagi semua itu ke kreatifitas anda mengemasnya.
3. Flashcard
Flash cards adalah kartu kecil dengan gambar atau simbol dapat digunakan baik dalam mengajar dan dalam pekerjaan pembangunan. Ketika kita membawa, flashcards biasanya digunakan paling baik untuk mengajar �Vocabulary� atau �Reading�.
Sebuah gambar, misalnya, gajah dapat ditarik atau terjebak pada kartu dan kata. Gajah� yang ditulis di bawahnya atau pada kartu yang berbeda. Para siswa didorong untuk mengasosiasikan gambar dan kata-kata melalui berbagai �tampilan dan mengatakan� kegiatan dan permainan, misalnya, Kim permainan, Pasangan, dan sebagainya. Dalam mengajar dan pengembangan, flashcards mungkin memiliki gambar simbol ditarik atau dicat pada mereka. Mereka sangat berguna untuk merangsang diskusi dalam kelompok kecil, serta untuk berbagi informasi dan mengingatkan orang-orang dari proses direkomendasikan denganposter, penelitian situasi lokal dan pra-menguji mereka.
Yup, itu yang bisa saya bagi pada kesempatan ini. Terima kasih.